Untuk Cumi

Tulisan gue ini panjang, lu ga boleh tidur apalagi sampe ngorok ditengah-tengah baca tulisan gue ini. Sana ih, cepetan bikin kopi item, yang banyak. Pokonya awas loh kalo lu ampe ketiduran!!!

He cumi, lagi ngapain  lo? Diving? Tar ajarin gue yak! Gratis! Awas lu kalo mungut bayaran dari gue, gue ceburin lo ke danau LSI.
Cumi, plis deh, gue pengen menuliskan ini dengan anggun dan santun, layaknya seorang Princess, tapi setiap ngebayangin tampang lo tu ya selama gue nulis, gue bawaanya pasti kriminal. Huh! Kenapa lu bisa-bisanya jadi orang yang paling nyebelin dihidup gue sekaligus orang yang selalu bikin gue mmmm...bukan kangen, bukan rindu, bukan miss you, tapi ya gitu lah pokonya. Awas ya lo! Huh, gue bejeg-bejeg lu.

Gue ingetin, hari ini lo tambah tua! Tambah tua!
Gue spesial buat ini khusus untuk lo, buat merayakan penuaan lo! Ha.

Gue pengen napak tilas persahabatan kita, bisa ga si kita dibilang sahabat? Kata gua mah lebih tepatnya musuh bebuyutan!
Lo, musuh bebuyutan gue, pertama kali kita ketemu di asrama TBP IPB, bener ga? Gue inget banget, karena lo satu-satunya orang dengan dandanan dan tampang yang sooooo cute, salah ding, PREMAN!!! Huh, ya, lo beneran preman banget, lo bikin gue takut cumi waktu pertama kali kumpul lorong.
Rambut panjang ga diiket, kalung rantai panjang, celana ngatung, kaos kumel :p preman banget deh pokonya lu...hahaha

Waktu ternyata telah lama memainkan peranannya, ia mengaburkan pandangan dan perasaan awal bertemu hingga akhirnya gue jadi terbiasa dengan preman kayak lo dan kita jadi deket. Deket cum, so amasssing, amaassssiiing!! (ga nyangka gue)
Pokonya gue inget banget saat lu nabrak warna krudung, baju, rok, sama spatu lo. Sumpah! Gue ga bisa lupa. Gue bahkan inget cara jalan lo waktu itu dan waktu gue nulis ini gue mesem-mesem sendiri hahahahahaha...
Kita selalu bersama saat mata kuliah membenamkan kita dalam ketidaktahuan yang payah. Saat kita harus belajar ekstra keras dan bertanya semua pelajaran pada kakak-kakak dan teteh-teteh yang kita miliki waktu di asrama. Kita dua adik bodoh yang sangat bebal hahhahahaha. Benerkan? Nilai lu kan ga jauh beda ama gue.
Kita juga bersama saat rantai karbon menghiasi transkrip nilai kita sementara kakak dan teteh kita lebih berwarna dengan kemunculan letter A dan letter B pada kertas nilai mereka.
Tapi jujur ya, gue biasa aja haha. Emang gue ga pernah serius dalam belajar. Tapi kalo lo beda, lo bisa serius dan bisa mengubah rantai karbon itu menjadi deretan ‘A’lfa yang manis. Terbukti waktu lo pindah jurusan!

Diusia lo yang sekarang gue yakin banyak hal yang sudah lo capai, tapi lebih banyak lagi hal-hal yang ingin lo capai. Emang bener si kata pepatah, terlalu banyak yang ingin dilakukan, terlalu sempit waktu yang dimiliki. Tapi lu jangan lupa, lu syukuri pencapaian-pencapaian yang udah lu gapai. Nikmat Tuhan mana lagi yang akan kau dustakan?

“Cum” = asal katanya adalah cumi-cumi. Entah apa sebab musababnya akhirnya penggalan kata itu menjadi sapaan untuk lo dan gue. Mungkin, bukan mungkin, pastilah banyak orang selain kita menggunakan kata CUM untuk memanggil sahabat atau orang terdekat lainnya. Tapi CUM bagi kita berdua menurut gue beda dari yang orang lain gunakan! BEDA! Perbedaan itu terletak pada kata setelah kata cumi-cumi. Buat lo ada gosong atau bakar, buat gue cantik.
CUMI-CUMI GOSONG buat lo, CUMI-CUMI CANTIK buat gue hahaha (biasa aja donk ga usah emosi gitu ampe pengen ngelempar komputernya, Haha. Gue yakin lo emosi baca cumi-cumi cantik :P) Hahaha

Banyak hal yang gue bagi bareng lo. Banyak kejadian yang udah gue lalui bareng lo. Tapi selalu saja ada rasa sesal yang ga habis-habis didiri gue.
Sekarang, saat gue dengan waras dan tenang hati ngingat semua kejadian itu, gue bener-bener pengen nangis. Halah lebay!!
Gue nyesel ga maksimal ada buat lo dan disisi lo waktu lo ngadepin masalah orang tua lo. Saat itu gue sibuk dengan teman-teman baru gue yang ternyata hanya memberi kenikmatan sesaat.
Gue nyesel saat lo sakit ga gue rawat dengan baik, plus gue tambahin dengan omelan gue yang panjang hahaha (waktu itu gue masih ababil cum). Saat itu gue sibuk mikirin aktualisasi diri gue di dunia perkampusan yang pada dasarnya tak seberapa itu.
Gue nyesel ga bantu lo dengan sepenuh hati jiwa dan raga saat lo bener-bener butuh bantuan seseorang. Saat lo butuh tempat mengadu dan bersandar, saat lo sibuk-sibuknya pindah jurusan.
Gue nyesel ga bantu lo dengan bener saat lo ngerjain tugas akhir. Gue malah sibuk nonton drama korea yang baru gue punya yang akhirnya nularin lo dan tugas akhir lo mandeg lagi. Hahaha
Sejak itu kita kecanduan drama korea.
Gue nyesel ga biarin lo berlama-lama dengan Marthin saat lo ga bisa gunain Si Mac. Gue berpikir lu itu gaptek, padahal lu punya leptop lebih aduhai dari pada punya gue. Selain itu gue juga takut lu “perkosa” Marthin dengan tangan lu itu yang belum lu cuci abis lu ngupil. Haha
Dan untuk semua hal-hal yang gue rasa ga maksimal atau optimal dalam ngebantuin lo. Gue minta maaf cum! Gue minta maaf!

Kita dua makhluk dengan dasar yang sama namun dibangun dengan elemen-elemen yang berbeda. Dari lo gue belajar ketabahan dan bagaimana agar suatu masalah tidak mengkungkung kita dalam keterpurukan yang lama dan merusak. Selain itu, banyak hal lain lagi yang gue pelajari dari lo. Mungkin tanpa lo sadari atau mungkin gue juga ga nyadar banyak partikel-partikel dalam diri gue yang terbangun sebagai hasil persingggungan hidup gue dengan lo. Makasih ya cum!

Lu inget ga disaat gue masih ngarepin cinta monyet jaman SMA, lu juga mengalami hal yang sama kayak gue. Gue pikir kita punya banyak sekali perbedaan dan mengenai hal satu ini kita dipertemukan dalam persamaan. Kita sama-sama berbagi cerita bahwa “mereka” adalah orang yang pas buat kita dan kita dengan suka rela atau lebih tepatnya bodoh menghabiskan waktu untuk menunggu yang kita ga tahu apakah mereka juga kayak gitu buat kita (untuk ini mungkin gue doank haha, ya ga si? Lu masih komunikasi bukan sama “dia” waktu itu?). Tapi ya sudahlah, kira-kira begitu, gue menganggapnya itu persamaan kita walaupun ternyata ga sama-sama amat. Hehehe..
Kita kian dewasa (mudah-mudahan benar bahwa kita makin mendewasa hihi) dan cinta monyet itu perlahan kabur, menjadi tak jelas sebelum akhirnya benar-benar meninggalkan kita. Kita beralih pada satu perasaan yang lain. Hal itu benar-benar menyita waktu bukan? Tapi beruntungnya kita bahwa ‘sesuatu’ itu membawa kita pada kondisi yang lebih baik. Persinggungan hidup ‘itu’ membawa kita pada sesuatu yang baru (ngerti ga lo maksud gue? Makan dulu sana yang bergizi beragam dan berimbang biar lo pinter :P :P :P). Bukannya sekarang lu makin berprestasi setelah mengalami kondisi baru itu? (misalnya yang ikut kemah-kemahan itu loh, eh bukan ya, udah di hotel ya nginepnya hahaha) jambore maksud gue.
Gue seneng waktu gue berbagi cerita ‘itu’ ke lo ternyata lo juga punya cerita ‘itu’ yang sama dengan gue. Gue harap percakapan kita waktu itu ada manfaatnya untuk kita berdua.

Gue berterimakasih sama Allah SWT yang memisahkan kita dengan cara yang lembut sekali. Bulan itu bulan ramadhan tahun 2011 waktu lo memutuskan untuk bener-bener pindah ke kampung halaman lo dan ga bareng gue lagi di tempat kita merantau ini. Gue bener-bener ada rasa ga siapnya loh waktu itu. Satu hal yang gue pikirin, gue kehilangan kuli panggul barang-barang gue! Lu ga akan ada lagi buat ngegotong barang-barang gue, apapun itu.
Akhirnya kita berpisah atau terpisah ya. Pokonya pisah deh. Gue mudik lebaran duluan, selang beberapa hari lu mudik lebaran juga, mudik yang pertama kali lu jalani selama lu kuliah sekaligus mudik terakhir lu dari perantauan ini juga. Mudah-mudahan ada mudik berikutnya, kita harus bertemu lagi!
Gue bener-bener menyadari bahwa itu adalah perpisahan yang manis. Lu Cuma berpamitan lewat hp, kita ga tatap muka atau berpelukan. Sadarilah bahwa ini cara Tuhan menyelamatkan kita dari air mata yang mungkin akan tumpeh-tumpeh kalo ga di terminal DAMRI ya di bandara SOETTA (seandainya lu ongkosin gue buat ngenter lu waktu itu hihi).
Setelah gue balik lagi, gue pindah dari kamar gue ke kamar lu. Gue masih menemukana barang-barang lu yang sengaja lu tinggal. Sekali lagi ini perpisahan yang manis. Dengan kamar yang masih menyisakan jejak lo bahkan bau asem lo, Tuhan mengajarkan gue suatu bentuk adaptasi kehilangan yang lembut. Agar gue tidak benar-benar menyadari bahwa lo udah bukan kuli panggul gue lagi. Terima kasih Tuhan.

Berteman, bersahabat, dan bersaudara dengan lo apalagi setelah perpisahan itu banyak menyadarkan gue. Bahwa persahabatan bukanlah suatu ikatan dimana lu selalu harus ada disisi gue begitu juga sebaliknya. Paham gue yang gue anut selama ini. Menjalin hubungan dengan lo menyadarkan gue bahwa ini semua masalah hati. Bukan masalah kehadiran secara fisik. Gue selalu merindukan hari-hari ribut bareng bareng lo, tapi gue ga perlu keberadaan fisik lo, cukup hati gue yang bergumam bahwa lo disana juga pengen banget ngajak gue ribut. Gue bener-bener menghayati persahabatan kita saat lo pergi, (siaul gue mewek hahaha, ini pasti bukan karena gue menghayati tulisan ini, tapi tetangga kamar gue tiba-tiba muterin lagu Hurtnya mb Christina). :P

Banyak hal yang udah kita bagi bersama cum, banyak hal juga yang sedikit banyak gue sesali, tapi gue akan selalu mencoba memperbaiki diri. Gue senang Tuhan menakdirkan pertemuan gue sama lo (tau deh lo, awas aja kalo ga! Huh!). Semoga kita bukanlah manusia-manusia yang hanya menjadi penghias dunia. Semoga pertemuan kita ini membawa kebaikan pada kita bahwa kita adalah manusia-manusia yang akan melakukan hal-hal terbaik untuk hidup ini, untuk dunia ini, untuk orang-orang disekitar kita. Selamat ulang tahun ya cum. J
  

Bagian akhir:
Lo harus tau kalo gue nulis tulisan buat lo ini ga langsung jadi. Gue nyicil dari beberapa bulan lalu. Gue pengen ngebeberin semua kejelekan lo. Hahaha...
Sekarang lo udah semakin menua. Ya udah terima aja! :P

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pekan 7: Mengobrol

Pekan 8: Game Online, Game Offline

Pekan 5: Menikmati Moment